Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi Hingga Tua

Memahami cara menjaga kesehatan tulang dan sendi sejak dini sangat diperlukan oleh semua orang. Tulang dan sendi merupakan alat gerak tubuh yang membantu manusia dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ketika seseorang hendak duduk, berdiri, berbaring, hingga mengangkat beban, membutuhkan bantuan tulang dan sendi. 

Apabila kesehatan alat gerak tubuh ini tidak dijaga, maka akan menimbulkan beragam penyakit yang membatasi ruang gerak tubuh. Contohnya seperti arthritis, arthralgia, rematik, penyakit paget, osteoarthritis, skoliosis, osteoporosis, tumor tulang, dan lainnya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tulang dan sendi sejak dini dapat bermanfaat di hari tua. Anda bisa melakukan aktivitas harian layaknya di usia muda meskipun usia Anda tak lagi muda. 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan sejak dini agar kesehatan tulang dan sendi selalu terjaga. 

Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi Sejak Dini

1. Rajin berolahraga

rajin berolahraga

Cara menjaga kesehatan tulang dan sendi yang pertama yaitu dengan rajin berolahraga. Olahraga tidak hanya membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. Rajin berolahraga sejak dini, dapat membuat tulang dan persendian kuat hingga di hari tua.

Hal tersebut terjadi karena ketika berolahraga sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh meningkat dan lancar. Kondisi tersebut dapat memudahkan proses distribusi nutrisi ke seluruh tubuh termasuk nutrisi untuk tulang dan persendian.

Aliran darah akan mengangkut vitamin D, K, fosfor, kalium, kalsium, potasium, magnesium, seng, protein di dalam tubuh menuju tulang. Hal tersebut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tulang dan sendi.

Baca Juga : Inilah Cara Mencegah Penyakit Rematik Sejak Dini, Yuk Simak!

2. Mengkonsumsi suplemen viostin

cara menjaga kesehatan tulang dan sendi dengan viostin

Selain rajin berolahraga, untuk menunjang kesehatan tulang dan sendi, Anda juga butuh mengkonsumsi suplemen tambahan seperti Viostin. Suplemen ini memiliki kandungan utama seperti glucosamine HCl, dan chondroitin yang mampu memelihara kesehatan tulang dan sendi dengan baik. Untuk mengenalinya lebih lanjut, perhatikan ulasan berikut ini.

Sekilas mengenai Viostin

Viostin merupakan suplemen nutrisi sendi dengan kandungan utama kombinasi Glukosamin dan Kondroitin, dikombinasikan dengan Mangan, Magnesium, Vitamin C, dan Zinc. Kombinasi kandungan tersebut bermanfaat membantu menjaga kesehatan persendian. 

Dalam produk Viostin yang terbaru dengan formula baru yang tentunya lebih efektif, kandungannya lengkap, mempunyai sertifikat HALAL, dan juga sudah bersertifikat BPOM.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi dalam mengkonsumsi Viostin, termasuk konsumen muslim. Formula baru yang ada dalam produk Viostin lebih aman dikonsumsi dan lebih cepat mengatasi permasalahan peradangan dan nyeri sendi.

Ada berbagai macam varian produk Viostin yang saat ini bisa dikonsumsi, ada yang berupa kaplet ada juga yang berupa susu dengan varian rasa coklat dan vanilla. Untuk lebih jelasnya bisa lihat disini :

Nah, bagi kamu yang tidak bisa meminum suplemen dalam bentuk kaplet, bisa memilih alternatif lain yaitu berupa Viostin milk dengan rasa coklat maupun vanila.

Kandungan lengkap Viostin

Viostin mengandung beberapa kandungan bahan seperti berikut. 

  • 5mg Zinc
  • 10mg Magnesium
  • 50mg Chondroitin Sulphate
  • 50mg Mangan
  • 50mg Vitamin C
  • 500mg Glucosamine HCl
  • Serta beberapa bahan tambahan lainnya 

Manfaat Viostin

Viostin memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat yang diberikan.

  • Memelihara kesehatan persendian dan tulang.
  • Mencegah persendian dan tulang mengalami peradangan.
  • Mencegah kekakuan persendian yang diakibatkan oleh penyakit arthritis.
  • Mencegah dan mengobati tulang dan persendian dari segala macam penyakit tulang dan persendian mulai dari arthritis, osteoarthritis, osteoporosis, dan sebagainya.
  • Mencegah dan mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh masalah persendian.
  • Membantu meningkatkan cairan sinovial pada persendian sehingga persendian dapat berfungsi dengan baik.
  • Membantu memberikan nutrisi tambahan terhadap tulang dan persendian.

Aturan pakai Viostin

Viostin untuk pencegahan, dianjurkan mengkonsumsi suplemen ini sebanyak 1×1 kaplet per hari. Sedangkan untuk terapi bagi penderita nyeri sendi dikonsumsi 3×1 kaplet per hari.. 

3. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan agar tetap ideal, dapat meringankan beban sendi dalam menopang anggota badan. Selain itu, berat badan yang ideal menghindarkan tubuh dari beragam penyakit, salah satunya kolesterol tinggi.

Seperti diketahui, kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah peradangan pada persendian. Anda bisa menjaga berat badan Anda dengan rajin berolahraga dan membatasi asupan kalori berlebih. Bisa saja dengan melakukan program diet sehat sesuai anjuran dokter.

4. Mengonsumsi makanan berserat tinggi dan bergizi seimbang

cara menjaga kesehatan tulang dan sendi dengan makanan berserat

Cara menjaga kesehatan tulang dan sendi yaitu dengan menkonsumsi makanan yang berserat dan bergizi tinggi. Makanan berserat sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam mengatasi kadar glukosa tinggi, lemak darah tinggi, tekanan darah tinggi. Hal ini akan membuat kondisi pembuluh darah, sendi, dan tulang terhindar dari kerusakan. 

Selain makanan berserat, Anda juga perlu memperhatikan kandungan nutrisi makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi. Agar tulang dan persendian Anda bertambah kuat, Anda perlu mengonsumsi makanan yang baik untuk tulang dan sendi yang tinggi akan vitamin D, K, potasium, magnesium, seng, fosfor, omega 3, kalium, dan kalsium. 

Beberapa kandungan vitamin dan mineral tersebut merupakan nutrisi utama dalam memelihara kesehatan tulang dan persendian. Untuk mendapatkan makanan dan minuman yang bergizi seimbang. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacang, polong-polongan, dan ikan-ikanan seperti ikan tuna, ikan sarden, ikan salmon. 

5. Menghindari kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol dan merokok

Cara menjaga kesehatan tulang dan sendi yang terakhir yaitu dengan menghindari rokok dan alkohol. Rokok memiliki kandungan TAR (bahan baku pembuatan aspal), dan nikotin yang cukup tinggi.

Kandungan tersebut dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, dan kerusakan pada pembuluh darah, tulang, dan persendian.

Hal tersebut dapat menyebabkan persendian dan tulang, rentan mengalami peradangan dan nyeri. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan tulang menjadi keropos dengan cepat, Agar kesehatan tulang dan persendian Anda selalu terjaga hingga di hari tua, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Demikianlah beberapa cara menjaga kesehatan tulang dan sendi agar selalu sehat dan kuat hingga di hari tua. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×