Cara Mudah Memperkuat Tulang untuk Mencegah Osteoporosis

Cara memperkuat tulang sangat penting dilakukan sejak dini untuk mencegah osteoporosi. Apalagi tulang merupakan fondasi tubuh dalam menopang berbagai organ tubuh.

Tulang mampu memberikan struktur sehingga manusia memiliki rangka yang proporsional. Selain itu, tulang dapat berfungsi sebagai alat gerak tubuh yang akan membantu manusia dalam melakukan aktivitas. 

Mengingat banyaknya fungsi tulang bagi tubuh, sudah selayaknya untuk memperhatikan kesehatan tulang lebih ekstra. Mengetahui cara memperkuat tulang sejak dini dapat menjadi aset di masa tua. Seiring bertambahnya usia, biasanya kepadatan dan kekuatan tulang menurun sehingga menyebabkan osteoporosis. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara untuk memperkuat dan memadatkan tulang untuk mencegah osteoporosis. 

Cara Memperkuat dan Memadatkan Tulang dengan Mudah

Berikut beberapa cara yang bisa Anda contoh untuk memperkuat dan memadatkan tulang dengan mudah. 

1. Rutin berolahraga

cara menjaga kesehatan tulang dan sendi

Olahraga merupakan cara menjaga kesehatan tulang dan sendi paling murah dan paling ampuh. Cara memperkuat dan memadatkan tulang, Anda bisa melakukan olahraga yang meningkatkan kekuatan seperti angkat beban. Olahraga ini dapat meningkatkan pertumbuhan tulang rawan atau tulang baru, serta dapat mempertahankan struktur tubuh. 

Selain itu, olahraga angkat beban dapat meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan ukuran tulang, mencegah osteoporosis karena cadangan kalsium, kalium, dan fosfor di dalam tubuh ditujukan ke tulang. Olahraga angkat beban juga bisa meningkatkan massa otot dan mengurangi peradangan yang terjadi pada tulang rawan dan sendi. Selain olahraga angkat beban, Anda bisa melakukan olahraga lainnya seperti berjalan, berlari, bersepeda, berkuda, berenang, dan lainnya.

Baca Juga : Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tulang dan Sendi, Yuk Ketahui!

2. Mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran

Cara selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin juga bisa meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Seperti diketahui, makanan yang baik untuk tulang dan sendi yaitu yang mengandung vitamin dan mineral.

Mulai dari vitamin D, dan K, serta kandungan mineral lainnya, seperti magnesium, fosfor, potassium, kalium, dan kalsium. Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin D dengan mengonsumsi kentang. 

Sedangkan untuk vitamin K, Anda bisa mengonsumsi bayam, kubis, dan brokoli. Untuk memenuhi kandungan potasium, Anda bisa mengkonsumsi buah pisang, dan buah pepaya, serta sayuran seperti kentang, labu, dan bayam. Untuk kandungan mineral yang dibutuhkan tulang Anda bisa mengonsumsi bayam, pisang, kangkung, dan sebagainya.

3. Mengkonsumsi Viostin

cara memperkuat tulang dengan viostin

Selain, rajin berolahraga dan mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayur-sayuran. Anda bisa mengkonsumsi Viostin sebagai suplemen pemeliharaan tulang dan sendi. Viostin sangat cocok dijadikan alternatif pemenuhan nutrisi tulang bagi orang-orang yang kurang suka mengonsumsi sayur dan buah. Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai Viostin. Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa itu Viostin?

Viostin merupakan suplemen makanan yang diciptakan untuk memelihara kesehatan tulang dan persendian. Selain itu, Viostin dapat mencegah segala permasalahan yang ditimbulkan akibat penyakit tulang dan persendian yang terjadi. Viostin dibuat oleh industri farmasi ternama dan besar di Indonesia dengan kredibilitas tinggi.

Dalam produk Viostin yang terbaru sudah mengeluarkan formula baru yang tentunya lebih efektif, kandungannya lengkap, mempunyai sertifikat halal, dan juga sudah bersertifikat BPOM.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi dalam mengkonsumsi Viostin, termasuk konsumen muslim. Formula baru yang ada dalam produk Viostin lebih aman dikonsumsi dan lebih cepat mengatasi permasalahan peradangan dan nyeri tulang hingga sendi.

Ada berbagai macam varian produk Viostin yang saat ini bisa dikonsumsi, ada yang berupa kaplet ada juga yang berupa susu dengan varian rasa coklat dan vanilla. Untuk lebih jelasnya bisa lihat disini :

Nah, bagi kamu yang tidak bisa meminum suplemen dalam bentuk kaplet, bisa memilih alternatif lain yaitu berupa Viostin milk dengan rasa coklat maupun vanila.

Apa saja manfaat Viostin?

Viostin memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat selengkapnya.

  • Mencegah dan mengobati peradangan yang diakibatkan oleh penyakit tulang dan persendian.
  • Membantu memelihara kondisi kesehatan tulang dan sendi.
  • Mencegah dan mengobati rasa nyeri yang diakibatkan oleh penyakit tulang dan persendian.
  • Mencegah dan mengobati penyakit arthritis.
  • Mencegah dan mengobati penyakit arthralgia.
  • Mencegah dan mengobati penyakit rematik.
  • Mencegah dan mengobati penyakit osteoarthritis.
  • Mencegah dan mengobati penyakit osteoporosis.
  • Mencegah dan mengobati kekakuan sendi yang disebabkan oleh penyakit arthritis.

Apa saja kandungan bahan yang terkandung di dalam Viostin?

Viostin mengandung beberapa bahan berikut. 

  • 500mg glucosamine HCl
  • 50mg chondroitin sulfate
  • 50mg mangan
  • 50mg vitamin c
  • 10mg magnesium
  • 5mg zinc
  • Dan bahan-bahan pelengkap lainnya seperti, Methocel Tartrazine Cl, Talk, dan Polivinilpirolidon

Bagaimana aturan konsumsi Viostin yang tepat?

Viostin sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Suplemen makanan ini memiliki dosis yang berbeda antara proses pencegahan dan proses pengobatan. Berikut dosis selengkapnya.

  • Untuk proses pencegahan penyakit sebaiknya dikonsumsi sebanyak 1×1 kaplet setiap hari.
  • Untuk proses pengobatan penyakit sebaiknya dikonsumsi sebanyak 2-3×1 kaplet setiap hari.

Apakah Viostin bisa dikonsumsi oleh semua orang? 

Viostin dapat dikonsumsi oleh semua orang pria dan wanita dari dewasa hinnga lanjut usia. 

Baca Juga : Pengapuran Tulang: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

4. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin D dan K

Vitamin D dan K merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk memelihara kesehatan tulang. Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang sehingga baik untuk pencegahan osteopenia dan osteoporosis. Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin D yang tinggi dengan mengkonsumsi ikan tuna, ikan lele, ikan sarden, ikan salmon, telur, almond, dan kentang. 

Sedangkan vitamin K—khususnya vitamin K-2—berfungsi mempertahankan kalsium dalam tulang serta membantu mengikat kalsium dalam tulang. Untuk mendapatkan kandungan vitamin K-2 yang tinggi, Anda bisa mengonsumsi keju, natto (produk olahan kedelai), dan kol.

5. Mengonsumsi makanan yang kaya akan seng dan magnesium

makanan yang kaya akan seng dan magnesium

Seng berfungsi mencegah kerusakan tulang dan menstimulasi pertumbuhan tulang rawan. Sedangkan magnesium berfungsi menstimulasi vitamin D dalam penyerapan kalsium. Anda bisa mendapatkan kedua kandungan tersebut dengan mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

6. Mengonsumsi makanan yang kaya akan Omega 3

Omega 3 merupakan antioksidan alami yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, penurun kolesterol dan hipertensi, serta membantu peningkatan metabolisme tubuh. Omega 3 juga dapat membuat berat badan menjadi lebih ideal sehingga beban sendi dalam menopang tubuh lebih ringan. Anda bisa mendapatkan kandungan Omega 3 yang tinggi dengan mengkonsumsi ikan salmon.

7. Mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dan fosfor

makanan yang kaya kalsium dan fosfor

Kalsium dan fosfor merupakan nutrisi utama tulang. Anda bisa mendapatkan kandungan tersebut dengan mengonsumsi susu, yoghurt, keju, kacang polong, ikan sarden, dan sayuran hijau. 

Demikian ulasan lengkap mengenai cara memperkuat tulang dan sendi secara efektif dan mudah untuk Anda praktikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×