Ciri-Ciri Kekurangan Kalsium, Bahaya & Cara Mencegahnya

Tahukah kamu bagaimana ciri-ciri jika tubuh kekurangan kalsium? Padahal jika tubuh kekurangan kalsium akan bahaya sekali untuk kesehatan.

Untuk memelihara kesehatan tulang dan persendian, tubuh memerlukan kalsium sebagai nutrisi terbaiknya. Seperti yang Anda ketahui, kalsium memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mencegah risiko terkena penyakit osteoporosis, atau penyakit tulang dan persendian lainnya. Memelihara kesehatan tulang dan gigi, fungsi saraf, dan kesehatan jantung. 

Namun, bagaimana jika seseorang kekurangan kalsium? Apa saja penyebab dan ciri-ciri kekurangan kalsium yang bisa dikenali? Dan bagaimana cara menanganinya? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan di bawah ini. 

Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Kalsium

Dikutip dari situs SehatQ.com yang ditinjau langsung oleh dr. Reni Utari, ada beberapa ciri-ciri yang perlu dikenali ketika seseorang kekurangan kalsium. Berikut ciri selengkapnya. 

1. Timbul masalah pada otot

Ciri-ciri pertama yang bisa Anda kenali ketika Anda kekurangan kalsium, adalah banyak masalah yang timbul pada otot tubuh. Anda akan sering mengalami kram, nyeri, hingga kejang otot, khususnya pada bagian ketiak ketika berjalan, lengan tangan, kaki, dan di sekitar area mulut.

2. Insomnia

Seseorang yang kekurangan kalsium, dapat berpotensi terkena insomnia (sulit tidur di malam hari). Kondisi tersebut dapat mengganggu pola tidur Anda, sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti, letih, lesu, lemas, dan lunglai, mudah terpancing emosi, kurang bergairah, imunitas tubuh menurun, kurang fokus, mudah lupa, pusing, sakit kepala, mudah stres dan depresi.

3. Kulit kering dan gatal-gatal

Kekurangan kalsium juga dapat menimbulkan tanda dan gejala seperti kulit kering sehingga membuat kulit terasa gatal. Terkadang seseorang yang kekurangan kalsium juga dapat terkena penyakit jamur kulit seperti eksim dan psoriasis.

4. Meningkatkan kualitas nyeri saat PMS

Bagi kaum hawa, kekurangan kalsium dapat meningkatkan kualitas nyeri yang dirasakan saat pramenstruasi (PMS).

5. Kesehatan gigi dan mulut terganggu

Seseorang yang kekurangan kalsium, dapat menyebabkan mulut menjadi kering, dan bau mulut. Selain itu kekurangan kalsium dapat membuat kesehatan gigi terganggu, gigi mudah keropos dan rusak.

6. Mudah cedera

Kekurangan kalsium, juga dapat ditandai dengan penurunan fungsi tulang. Seseorang yang kekurangan kalsium sangat rentan terhadap cedera bahkan menyebabkan patah tulang karena kepadatan tulang menurun. 

Baca Juga : Makanan yang Baik Untuk Tulang dan Sendi Agar Tidak Rapuh

Apa Penyebab Orang Kekurangan Kalsium?

Menurut dr. Yusra Firdaus dari Hello Sehat, ada beberapa penyebab seseorang kekurangan kalsium. Berikut penyebab selengkapnya. 

  1. Mengidap hipoparatiroidisme (kondisi dimana hormon paratiroid di dalam tubuh terlalu rendah).
  2. Mengidap hipomagnesemia (kondisi dimana kadar magnesium di dalam darah terlalu rendah).
  3. Mengidap penyakit pankreatitis dan celiac yang menyebabkan tubuh tidak dapat menyerap segala vitamin dan mineral yang dikonsumsi. Akibatnya tubuh akan kekurangan vitamin D, magnesium, dan senyawa lainnya.
  4. Kekurangan kadar vitamin D dalam tubuh. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, terkena penyakit tertentu, atau kurang mendapatkan sinar matahari yang cukup di pagi hari.
  5. Peningkatan kadar fosfat yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Kondisi ini dapat terjadi akibat efek samping dari penggunaan obat-obatan pencahar, ataupun sedang mengalami gagal ginjal.
  6. Mengidap penyakit seperti riketsia dan osteomalasia. Dimana fungsi tulang melemah dan menjadi lunak akibat kekurangan kalsium dan vitamin D.
  7. Mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat menghambat penyebaran vitamin D dan kalsium, seperti rifampisin, bifosfonat, kortikosteroid, antikonvulsan, kalsitonin dan obat alternatif tiroid. 

Baca Juga : Cara Mudah Memperkuat Tulang untuk Mencegah Osteoporosis

Bahaya Tubuh Kekurangan Kalsium

Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan ketika tubuh kekurangan kalsium, menurut dr. Reni Utari dari SehatQ. 

  1. Menyebabkan kerusakan tulang dan gigi.
  2. Menurunkan kepadatan tulang (osteopenia) sehingga memicu terkena penyakit osteoporosis (tulang keropos).
  3. Memicu komplikasi penyakit lainnya, seperti peradangan tulang dan sendi, patang tulang, disabilitas, kejang-kejang, nyeri sendi dan otot secara kronis, penyakit kulit, penyakit rakitis, penyakit jantung, hipertensi, kanker rektum, kanker kolorektal, kanker prostat dan masalah kesehatan mulut. 

Cara Mencegah & Mengatasi Tubuh Kekurangan Kalsium

Menurut dr. Sienny Agustin dari Alodokter, ada beberapa cara mencegah dan mengatasi kekurangan kalsium. Berikut cara selengkapnya. 

1. Berjemur di pagi hari

Berjemur di pagi hari

Berjemur di pagi hari mulai pukul 07.00-10.00, dapat meningkatkan kadar kalsium pada tubuh. Kondisi tersebut terjadi karena paparan sinar matahari pada jam-jam tersebut mampu memenuhi kebutuhan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Seperti diketahui, vitamin D dapat mengikat kalsium dalam tubuh dan diedarkan ke persendian dan tulang.

2. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium

makanan yang kaya kalsium dan fosfor

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral seperti kalsium. Anda bisa mendapatkan kandungan kalsium yang tinggi dari beberapa makanan berikut.

  • Sereal atau roti gandum tinggi kalsium.
  • Susu beserta produk olahan susu seperti yoghurt, dan keju.
  • Sayur-sayuran seperti bayam, bok choy, okra, dan brokoli.
  • Kacang-kacangan, seperti edamame, almond, dan kedelai.
  • Buah-buahan, seperti buah kurma, pepaya, buah ara, stroberi, kiwi, jeruk, plum, dan stroberi.
  • Makanan laut, seperti ikan sarden, teri, dan salmon. 

3. Mengkonsumsi Viostin Milk

Selain makanan di atas, Anda juga perlu mengonsumsi suplemen tambahan yang mampu memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh seperti Viostin Milk. Viostin tidak hanya berbentuk suplemen saja, melainkan ada juga dengan variasi susu untuk diminum. Produk ini merupakan suplemen terbaik yang diciptakan Pharos Indonesia untuk memelihara kesehatan tulang dan persendian.

Viostin Milk mempunyai 2 varian rasa yaitu Viostin Milk Coklat dan Viostin Milk Vanilla. Produk susu ini mengandung protein dan kalsium yang tinggi, sehingga mampu untuk menjaga kesehatan tulang sekaligus melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Setiap 25 gram Viostin Milk mengandung:

  • Glukosamin 250 mg
  • Kondroitin 125 mg
  • Inulin 1 g
  • Protein
  • Vitamin dan Mineral
  • Kalsium

Kandungan bahan terbaik tersebut sangat bermanfaat sekali untuk memelihara kesehatan tubuh. Berikut manfaat yang Anda dapatkan ketika rutin mengkonsumsi Viostin Milk, antara lain:

  1. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tulang dan persendian seperti vitamin D, kalium, fosfor, dan kalsium.
  2. Mampu merangsang pertumbuhan tulang rawan baru.
  3. Mampu merangsang produksi cairan sinovial pada persendian lebih banyak lagi.
  4. Mampu mencegah dan mengobati peradangan yang disebabkan oleh semua penyakit tulang dan persendian.
  5. Mencegah dan mengobati nyeri yang ditimbulkan oleh semua penyakit tulang dan persendian.
  6. Mampu mencegah dan mengobati kekakuan sendi yang diakibatkan oleh osteoarthritis.
  7. Mampu mencegah dan mengobati segala macam penyakit tulang dan persendian, seperti osteoporosis, rematik, radang tulang dan sendi, dan lain sebagainya.
  8. Mampu mencegah dan mengobati penyakit glaukoma dan katarak.

Untuk mendapatkan segala manfaat tersebut, Anda harus mengonsumsi suplemen ini secara rutin sesuai dosis yang ditentukan. Berikut dosis selengkapnya.

  1. Untuk pencegahan penyakit, Anda bisa mengkonsumsi sebanyak 1×1 sachet Viostin setiap harinya.
  2. Untuk pengobatan penyakit, Anda bisa mengonsumsi sebanyak 2-3×1 sachet Viostin setiap harinya.

Selain dosis, Anda juga perlu mengetahui kontraindikasi suplemen ini agar tidak menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Berikut kontraindikasi selengkapnya.

  1. Tidak boleh diminum oleh seseorang yang berusia di bawah 18 tahun, kecuali seseorang yang dianjurkan oleh dokter.
  2. Tidak boleh diminum oleh seseorang yang sedang menyusui atau hamil.
  3. Tidak boleh diminum bersamaan dengan obat-obatan pengencer darah seperti aspirin dan warfarin.
  4. Tidak boleh diminum oleh seseorang yang memiliki riwayat alergi terhadap kerang, udang, tiram, dan kepiting. Serta tidak dapat diminum oleh seseorang yang memiliki riwayat penyakit seperti asma, hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, kanker prostat, dan hemofilia.

Setelah Anda membaca ulasan di atas, Anda tidak perlu panik ketika kadar kalsium dalam tubuh Anda terlalu rendah. Anda bisa menerapkan beberapa cara mudah di atas, agar kebutuhan kalsium dalam tubuh terpenuhi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×